(Penelitian Bersaing Tahun 2008)
Oleh :
Senny Handayani, SE &
Kanaidi, SE., M.Si*
(Publikasi pada : COMPETITIVE, ISSN : 0216-2539 Vol.5 No.2, Desember 2009, 95-101)
Senny Handayani, SE &
Kanaidi, SE., M.Si*
(Publikasi pada : COMPETITIVE, ISSN : 0216-2539 Vol.5 No.2, Desember 2009, 95-101)
ABSTRAK
Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui kinerja customer value yang terdiri dari
benefit (manfaat) dan cost (biaya) serta pengaruhnya terhadap keputusan
pembelian konsumen jasa EMS. Sampel penelitian sebanyak 116 pengguna
jasa EMS di wilayah pos Bandung Raya. Data primer diperoleh melalui
observasi, wawancara, dan penyebaran kuesioner yang validitas dan
reliabilitasnya telah diuji terlebih dahulu.
Data
yang didapat dianalisis dengan metode deskriptif untuk mengukur kinerja
customer value, dan metode path analysis (analisis jalur) untuk
mengukur pengaruh dimensi customer value yang terdiri dari benefit
(manfaat) dan cost (biaya) terhadap keputusan pembelian konsumen jasa
EMS di wilayah pos Bandung Raya.
Berdasarkan
analisis deskriptif didapati bahwa pelayanan jasa EMS dinilai
menguntungkan dipandang dari sisi pelanggan karena selisih manfaat yang
didapat jauh lebih besar bila dibandingkan dengan pengorbanan (biaya)
yang dikeluarkan oleh pelanggan.
Pengaruh
customer value terhadap keputusan pembelian konsumen jasa EMS sebesar
81,63 %. Berdasarkan analisis jalur (path analysis) dan hasil uji
hipotesis secara parsial didapati dimensi benefit (X1) dan cost (X2)
mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen jasa EMS
masing-masing sebesar 32,48% dan 49,15 %.
Kata kunci : Customer Value, Keputusan Pembelian, Benefit (Manfaat), dan Cost (Biaya).
Jasa Express Mail Service (EMS)
adalah layanan pos cepat dengan perlakuan khusus (prioritas) dalam
proses pengumpulan, pengiriman, dan antaran dengan waktu yang sangat
singkat untuk surat, dokumen, dan barang, berdasarkan kesepakatan
bilateral antar administrasi pos, yang diselenggarakan sesuai ketentuan
Akta-Akta Perhimpunan Pos Dunia.
Nilai bagi Pelanggan (Customer Value)
Barnes (2001) menyatakan konsep tentang nilai sangat penting
untuk mencapai sukses pemasaran. Nilai yang diterima pelanggan merupakan
batu loncatan dan pemicu untuk mencapai kepuasan pelanggan. Isu
fundamental yang harus dipahami jika ingin menarik dan mempertahankan
pelanggan adalah mengetahui bagaimana menciptakan nilai (value creation) dan menambahkan nilai yang diserahkan kepada pelanggan. Tanpa pemahaman tentang value creation akan sulit untuk meningkatkan penjualan melalui pembelian konsumen yang berulang. Lebih jauh Haksever et al (2000) mendefinisikan value is the ability of goods or service to satisfy a need or benefit to a customer.
Kotler (2006) memberikan penegasan bahwa customer
perceived value is the difference between the prospective customer’s
evaluation of all benefits and all costs of an offering and perceived
alternatives. Total customer value is the perceived monetary value of
the bundle of economic, functional and psychological benefit customer
expect from a given market offering product. Total customer cost is the
bundle of cost customer expect to incur in evaluating, obtaining, using
and disposing of the given market offering.
Menurut
Wahyuningsih (2004), konsep nilai sebagai fungsi tidaklah optimal. Hal
ini didasarkan pada perspektif matematika dan perilaku dengan penjelasan
sebagai berikut. Dalam memperoleh barang dan jasa, konsumen harus
mengorbankan sesuatu dan menerima sesuatu sebagai gantinya (Peter dan
Olson, 2002). Monroe (1990) menjelaskan nilai pelanggan sebagai rasio antara perceived benefit (manfaat yang dirasakan) dengan perceived sacrifices (pengorbanan yang dirasakan). Perceived benefit merupakan
kombinasi dari atribut-atribut fisik, atribut jasa, dukungan teknik
yang tersedia pada produk atau jasa yang digunakan.
Tahap-Tahap Proses Keputusan Pembelian oleh Konsumen
Pada
umumnya, proses keputusan pembelian oleh konsumen memiliki lima
tahapan, yaitu tahap identifikasi masalah, pencarian informasi,
penentuan pilihan dan evaluasi pasca pembelian. Kotler (2003) mengemukakan tahapan keputusan pembelian adalah:
1) Problem Recognition (pengenalan
masalah) merupakan tahapan dimana pembeli mengenali masalah atau
kebutuhannya. Pembeli merasakan perbedaan antara keadaan aktualnya
dengan keadaan yang diinginkannya. Kebutuhan tersebut dapat dipicu oleh
rangsangan internal maupun ekstemal.
2) Information Search (pencarian
informasi) merupakan tahapan diamana konsumen berusahan mencari
informasi lebih banyak tentang hal-hal yang telah dikenali sebagai
kebutuhannya. Konsumen memperoleh informasi dari sumber pribadi,
komersial, publik dan sumber pengalaman.
3) Altenatives Evaluation (evaluasi
altematif) merupakan tahapan dimana konsumen memperoleh informasi
tentang suatu objek dan membuat penilaian akhir. Pada tahap ini konsumen
menyempitkan pilihan hingga altematif yang dipilih berdasarkan besarnya
kesesuaian antara manfaat yang diinginkan dengan yang bisa diberikan
oleh pilihan produk yang tersedia.
4) Purchase Decision (keputusan
pembelian) merupakan tahapan dimana konsumen telah memiliki pilihan dan
siap melakukan transaksi pembelian atau pertukaran antara uang atau
janji untuk membayar dengan hak kepemilikan atau penggunaan suatu barang
dan jasa.
5) Post-purchase Behavior (perilaku
pasca pembelian) merupakan tahapan dimana konsumen akan mengalami dua
kemungkinan yaitu kepuasan dan ketidak-puasan terhadap pilihan yang
diambilnya.. . . (baca_selengkapnya )
Artikel lengkap dikompilasi oleh/hubungi :
Kanaidi, SE., M.Si (Penulis, Peneliti, PeBisnis, Trainer dan Dosen Marketing Management).
Kanaidi, SE., M.Si (Penulis, Peneliti, PeBisnis, Trainer dan Dosen Marketing Management).
e-mail ke : kana_ati@yahoo.com atau kanaidi@poltekpos.ac.id
-------------------------------
Butuh Artikel/Jurnal Lainnya ?, click di :
Jurnal “BALANCED
SCORECARD”....click di http://ken-keuangan.blogspot.com/
Jurnal “MANAJEMEN SDM” .....click di http://ken-msdm.blogspot.com/
Jurnal “CUSTOMER TRUST”.....click
di http://www.ken-trust.blogspot.com/
Jurnal “Good Corporate
Governance (GCG)” … click di http://ken-gcg.blogspot.com/
Jurnal “ICT” … click di http://ken-ict.blogspot.com/
Jurnal “Corporate Image”
… click di http://ken-image1.blogspot.com/
Jurnal “Customer Value”
… click di http://www.ken-value.blogspot.com/
Jurnal “Customer
Loyalty” … click di http://ken-loyalty.blogspot.com/
Jurnal “Brand &
Merek” … click di http://ken-merek.blogspot.com/
Jurnal “Service Quality”
… click di http://ken-servqual1.blogspot.com/
Jurnal “MARKETING &
BUSINESS” … click di http://ken-promark.blogspot.com/
Jurnal “Customer
Satisfaction” … click di http://ken-kepuasan.blogspot.com/
Jurnal “Personal
Selling” … click di http://ken-selling.blogspot.com/
Jurnal “Corporate
Culture” … click di http://ken-culture.blogspot.com/
Jurnal “Customer
Relationship Management (CRM)” … click di http://ken-crm.blogspot.com/
Jurnal “DELPHI METHOD” …
click di http://ken-delphi.blogspot.com/
Jurnal “Kewirausahaan
(Entrepreneurship)” … click di http://ken-entrepreneurship.blogspot.com/
Business Plan dan
Marketing Plan… click di http://ken-businessplan.blogspot.com/
Artikel “Competitive
Strategy” … click di http://ken-persaingan.blogspot.com/
Jurnal “Customer
Behavior (Perilaku Konsumen)”… click di http://ken-behavior.blogspot.com/
Jurnal “LKMS (Lembaga
Keuangan Mikro Syariah)”… click di http://lkmsnetkas.blogspot.com/
Artikel “Dunia
PERIKLANAN” … click di http://ken-iklan.blogspot.com/
Artikel “QFD (Quality
Function Deployment)” … click di http://ken-qfd.blogspot.com/
Artikel “STP (Segmenting,
Targeting, & Positioning)” … click
di http://ken-stp.blogspot.com/
Jurnal “EXPERIENTIAL MARKETING” … click di http://ken-experiental.blogspot.com/
Jurnal “CSR” … click di http://ken-csr1.blogspot.com/
Jurnal “MEREK (Brand)” … click di
http://ken-merek.blogspot.com/
Jurnal “PERIKLANAN (Advertising)”
… click di http://ken-iklan.blogspot.com atau
di http://ken-iklan1.blogspot.com/ atau
di http://ken-iklan2.blogspot.com/ atau
di http://ken-iklani.blogspot.com/
Jurnal “Manajemen Retail” … click
di http://ken-retail.blogspot.com/
Jurnal “Bisnis Internasional & e-Commerce” … click di http://ken-international.blogspot.com/
Jurnal “Komunikasi Pemasaran Terpadu (IMC)” … click di http://ken-imc.blogspot.com/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar